Sudah menjadi tanggung jawab semua orang untuk memperhatikan pemenuhan hak-hak kelompok berkebutuhan khusus seperti para kompasiana. Mereka memerlukan perhatian kalian untuk peduli dengan hak-hak yang mereka miliki karena bagaimanapun juga seringkali justru kalian yang tidak sadar mempersempit kesempatan mereka untuk mendapatkan hak-haknya. Misalnya, banyak diantara perusahaan yang masih belum memiliki kesadaran tinggi untuk menciptakan lingkungan yang inklusif. Seringkali pada informasi lowongan pekerjaan tidak ada perhatian khusus terhadap kesempatan bekerja dari para penyandang disabilitas. Misalnya, beberapa perusahaan milik Negara membuka jalur penerimaan khusus bagi para penyandang disabilitas. Dengan cara inilah, mereka memiliki harapan yang lebih tinggi untuk dapat bekerja secara layak.

Perusahaan yang memiliki struktur pegawai inklusif dengan melibatkan para penyandang disabilitas menjalankan budaya kerja yang beragam. Misalnya, General Motors mengembangkan budaya inklusi mereka dengan mengajak kelompok eksternal untuk bekerja sama. Salah satunya yaitu kerjasama dengan Michigan Alliance untuk para penyandang autis. Selain itu, mereka juga memiliki dewan penasehat yang memiliki agenda rapat setiap tiga bulan sekali untuk membahas permasalahan yang berkaitkan dengan konstituen.

Sementara itu, menurut wakil presiden eksekutif dan pimpinan global sumber daya manusia di Mariott International, David Rodriguez menyampaikan bahwa inklusi merupakan aspek yang ditanam secara kuat oleh perusahaan sejak didirikan. Mariot telah memiliki beberapa tim yang dibiasakan untuk melibatkan anggota tim dalam menciptakan ide, berkolaborasi dan membangun ikatan yang kuat.

Mirip dengan David, Julia Trujilllo menjelaskan bahwa MetLife menyakini bahwa menciptakan budaya inklusif dimana para penyandang disabilitas diberikan kesempatan khusus untuk bekerja merupakan pendekatan terbaik. MetLife telah mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kesadaran dan membangun keterampilan para pegawai serta memastikan bahwa proses dan system yang sedang dijalankan ramah dengan siapa saja. MetLife berkomitmen secara terus-menerus menggunakan pendekatan ini sambil mempelajari dan mengembangkannya. Dengan kata lain, terdapat banyak dampak positif bagi perusahaan ketika menciptakan lingkungan atau budaya kerja yang inklusif, termasuk dengan cara menyediakan jatah khusus untuk para penyandang disabilitas untuk bergabung.